Jumat, 29 Januari 2021

BELAJAR AL QUR'AN & MENGAJARKANNYA...

Sudah menjadi tugas seorang guru untuk belajar dan mengajarkannya. Dalam kitab Shahihnya, Imam Al-Bukhari meriwayatkan sebuah hadits dari Hajjaj bin Minhal dari Syu’bah dari Alqamah bin Martsad dari Sa’ad bin Ubaidah dari Abu Abdirrahman As-Sulami dari Utsman bin Affan Radhiyallahu Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

                                 خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ 

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.” 



Sudah hampir satu tahun pandemi covid-19 ini berada ditengah-tengah kehidupan. Yang mengharuskan adanya jaga jarak untuk mengurangi penyebaran virus ini. Semua merasakan dampak adanya virus ini, baik itu dampak yang baik maupun juga dampak yg kurang baik. Namun, semua itu sudah merupakan ketentuan oleh Allah Swt. yang mengatur segalanya. 



Bahkan dalam hal pendidikan terutama, sejak adanya pandemi semua diharuskan untuk dapat memberikan pembelajaran melalui jaringan, pada bulan April diumumkan bahwa akan diadakan pembelajaran melalui jaringan atau yang sering disebut dengan Pembelajaran Daring. Semua dituntut agar bisa memberikan pembelajaran dengan baik kepada siswanya. 




Semangat guru-guru untuk dapat memberikan pembelajaran yg baik didukung dengan adanya pelatihan-pelatihan IT yang diberikan oleh pihak Yayasan. Muda ataupun sudah tua sekalipun, semuanya sama, tidak ada perbedaan diantaranya untuk bisa memberikan pembelajaran daring yang terbaik untuk siswa-siswi. 


Bahkan juga berlaku untuk pembelajaran Qur'an. Jika guru Qur'an yang dulunya sering tatap muka untuk mengajarkan, kini harus melalui jaringan. Melalui aplikasi-aplikasi yang tersedia untuk dapat bertatap muka melalui jaringan. Walaupun pembelajaran hanya melalui daring, hal itu tidak membuat mematahkan semangat para guru-guru dalam memberikan pembelajaran. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar