Selasa, 15 September 2020

KEGIATAN BULAN IMUNISASI ANAK SEKOLAH (BIAS) SDIT AL AMIN KAPUAS

Kuala Kapuas (14/09), Bulan Imunsasi Anak Sekolah (BIAS) di SDIT Al Amin Kapuas. Kegiatan BIAS dilaksanakan oleh pihak Puskesmas Melati dalam rangka imunisasi campak merupakan program tahunan Puskesmas yang biasa dilaksanakan pada tahun ajaran baru sebanyak dua kali.  Imunisasi yang

dilaksanakan untuk kelas 1 ini merupakan imunisasi Campak. Selanjutnya akan diadakan imunisasi lanjutan pada bulan November untuk kelas 1, kelas 2, kelas 5 dan kelas 6 yaitu imunisasi DT TD.


Kegiatan imunisasi diikuti oleh murid kelas 1A-1C, yang didampingi oleh orang tua/wali murid sebanyak 34 orang peserta didik yang dapat berhadir. Kegiatan tersebut mewajibkan orang tua dan juga murid untuk tetap menjaga jarak dan juga menggunakan masker yang sesuai dengan protokol kesehatan.



Beragam ekspresi anak-anak ketika diberikan imunisasi, ada yang biasa-biasa saja, ada yang ketakutan, dan bahkan ada pula yang menangis histeris. Namun, semua dapat berjalan dengan lancar walaupun ada satu peserta didik yang ditunda imunisasinya karena sedang demam. Sebelum melaksanakan imunisasi pihak puskesmas mengecek suhu tubuh, juga mengecek tinggi dan berat badan.

 





Imunisasi adalah pemberian vaksin (virus yang dilemahkan) ke dalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tertentu. Ini diberikan mulai dari lahir sampai awal masa kanak-kanak. Imunisasi yang telah diperoleh pada waktu bayi belum cukup untuk melindungi diri dari aneka penyakit maka imunisasi ulangan perlu diberikan kembali sampai usia anak sekolah.



Program BIAS untuk memberi-kan perlindungan kepada anak-anak usia SD terhadap penyakit campak, difteri dan tetanus. Karena itu para guru dan orangtua perlu memberikan dukungan jika anaknya mendapat imunisasi di sekolah oleh petugas Puskesmas setempat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar