Jumat, 03 September 2021

BELAJAR QUR'AN DENGAN METODE YANG MENYENANGKAN

Kuala Kapuas (03/09), Sekolah Islam Terpadu Al Amin Kapuas yang memiliki program unggulan dibidang Al Qur'an, dengan menggunakan metode yang sangat menyenangkan yaitu metode Wafa. 

Metode Wafa yang disebut dengan metode otak kanan dimana dalam pembelajarannya menggunakan aspek multisensorik atau perpaduan dari berbagai indera, seperti visual, auditorial dan kinestetik.

        Metode Wafa sudah terbukti keefektifan dalam mengingkatkan bacaan Al-Qur'an siswa. Hal tesebut dibuktikan melalui penelitian relavan yang hasilnya yaitu bahwa metode Wafa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap bacaan dan ketartilan membaca Al-Quran, oleh karena itu Wafa sangat relavan dengan proses perbaikan membaca Al-Quran.

        Metode Wafa dalam meningkatkan bacaan Al-Quran memiliki ciri khas tersendiri dengan nada bacaan yg khas yaitu nada bacaan Hijaz sehingga lebih indah bacaan dan memudahkan siswa dalam mengingat huruf hijaiyah dalam membaca Al-Quran.


Tak terpaku pada tempat kelas saja, pembelajaran Qur'an di SIT Al Amin juga dilaksanakan di luar kelas. Agar terciptanya pembelajar yang aktif, kreatif dan akrab dengan lingkungan. 



Pembelajaran ini juga dapat mengurangi rasa jenuh, bosan siswa, dan dapat membuat siswa senang juga respek terhadap pelajaran dan lingkungan sekitarnya. Dengan keadaan siswa demikian akan sangat mempengaruhi  daya tangkap siswa dalam menerima dan memahami konsep yang dipelajari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar