Selasa, 22 Desember 2020

KHATAMAN QUR'AN 30 JUZ...

Yisalaminkapuas.or.id- Kuala Kapuas (22/12),  Al Qur’an yang telah membawa kita dari kegelapan menuju sinar terang benderang hingga saat ini dan yang telah mengatur segala sisi kehidupan kita di dunia ini. Al Quran sebagai Al Huda sebagai petunjuk bagi kita umat manusia dan juga sebagai Al Furqon pemisah antara hak dan batil, antara yang benar dan yang salah.


Dalam menumbuhkan semangat dalam menjaga hafalan Al Qur'an sebagai wasilah dalam meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. Tim Qur'an Yayasan Islam Al Amin Kapuas

mengadakan Khataman Qur'an 30 Juz dengan durasi waktu 1 hari. Dengan peserta khataman ialah pegawai Yayasan Islam Al Amin Kapuas. Baik dari Yayasan, Guru, dan Santri Pondok Pesantren Kapuas. 

Peserta Khataman berjumlah 28 orang, dengan masing-masing mendapatkan 1 Juz dan satu orang 2 Juz. Dan untuk Juz 30 dibacakan bersama sama untuk menutup kegiatan khataman. Dengan sumber dana dari berbagai pihak, diantaranya ialah orang tua wali murid, dari lembaga-lembaga Yayasan Islam Al Amin Kapuas dan beberapa dari Anggota DPRD Kab. Kapuas.





Ketua Yayasan Islam Al Amin Kapuas Agus Setiawan dalam membuka kegiatan Khataman menyampaikan bahwa tujuan diadakannya kegiatan khataman bukan semata-mata untuk memperbanyak hafalan, ataupun semakin lancar hafalan tetapi seberapa kita cinta terhadap Al Qur'an. "Jika sudah cinta tanpa diadakan khataman Qur'an pun, akan tergerak sendiri untuk menghafal dan memperlancar bacaan". Ujarnya

Masing-masing peserta khataman mentasmi'kan sesuai Juznya masing masing (untuk memperbaiki hafalan karena disimak temannya sehingga mengetahui kesalahannya), dan dilanjutkan dengan membaca dengan Hadr (Membaca dengan cepat dan meringankan bacaan, dengan tetap menjaga hukum-hukum tajwid) sesuai dengan lanjutan yang sudah di tasmi'kan.  


Beberapa peserta bahkan mampu untuk melakukan Tasmi' 1 Juz Penuh dengan durasi waktu yang sudah diberikan oleh panitia. 




Untuk kedepan kegiatan ini akan berlanjut, dengan target masing-masing mentasmi'kan 1 Juz. "Peserta yang telah mengikuti kegiatan Khataman Qur'an 30 Juz, hafalannya akan tetap kita pantau, untuk mempersiapkan kegiatan Khataman Qur'an selanjutnya." Ujar Japrison selaku ketua panitia.

Dengan adanya kegiatan Khataman Qur'an sekaligus untuk akhir tahun 2020. Semoga dengan khatam  Al Quran ini menjadi pemberat timbangan kebaikan kita di akhirat nanti. Aamiin Aamiin Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar